Social Media dan Mobile Inovasi Baru Pendidikan

Rabu, 15 April 2015 17:29

MAKASSAR – Perubahan mendasar terjadinya demokratisasi komunikasi dan pendidikan membuat dunia semakin datar. Masyarakat dengan mudah mengakses sumber komunikasi dengan memanfaatkan perangkat internet dan komunikasi yang memadai dan semakin murah.

Hal tersebut disampaikan World Bank Communication Consultant, Dr Ronny Adhykarya saat menjadi pembicara dalam kuliah umum yang digelar Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unhas di Aula Prof Syukur Abdullah, Fisip-Unhas, Rabu (15/4/2015).

“Perubahan teknologi yang mengedepankan sistem Cloud, Social Media dan Mobile melahirkan sebuah inovasi baru dalam bidang pendidikan seperti munculnya konsep Massive Open Online Course atau MOOC seperti Khanacademy.org, Coursera, TedEd, maupun corporate university,”jelas alumnus Stanford University ini.

Selain menimbulkan perubahan di bidang pendidikan, demokratisasi komunikasi juga menyebabkan perubahan di bidang ekonomi dan budaya.

Di bidang ekonomi, munculnya konsep marketing yang berbasis e-commerce, online atau cyber marketing seperti eBay, Amazon, dan membudayanya Crowd Funding seperti TravelAdvisor.com.

Sedangkan, di bidang budaya, mantan kepala perwakilan FAO di Pakistan ini menyampaikan, adanya perubahan sistem komunikasi yang sekarang kebanyakan bersifat instant, dan semua bisa menjadi sumber ataupun penerima informasi.

“Hasil analisa dari berbagai masalah tersebut seharusnya menjadi masukan bagi reformasi pendidikan dan perubahakan kurikulum untuk menghasilkan Communipreneurs yang dibutuhkan saat ini,”tambahnya.